Keterbatasan Anggaran, Pemkab Batu Bara Menunggak LPJU

indonesiasatu, 01 Oct 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

BATUBARA - Alasan Pemkab Batu Bara menunggak LPJU, dijelaskan Wabup Batu Bara karena keterbatasan anggaran Pemkab Batu Bara.

"Secara teknis kan yang kelola BPKAD, tapi kemungkinan keterbatasan anggaran juga makanya bisa telat membayar dan menjadi tunggakan," ujarnya.

Wabub Batubara Oky Iqbal Frima SE memastikan tahun 2020 Pemkab Batu Bara sudah menganggarkan untuk pembayaran Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) selama se tahun.

"Iya. Kita tahun ini memang nunggak pembayaran LPJU selama dua bulan dan ini dipastikan tahun depan tidak terulang lagi,"kata Oky menjawab Wartawan, Selasa (01/10) diruangannya.

Wabup juga mengatakan, pembayaran LPJU selama ini tidak pernah ada masalah, namun tahun ini tergendala disebabkan anggaran yang terbatas.

Selain itu katanya, tahun 2019 LPJU Wilayah Batubara hanya dianggarkan 7 bulan, sementara sisanya dianggarkan pada P APBD.
"Masalah ini sudah selesai ya, karena semalam Senin (30/9) instansi terkait sudah berkoordinasi untuk penyelesaian,"sebutnya.

Oky juga mengaku kalau ada beberapa titik LPJU di wilayah Kabupaten Batu Bara diputus akibat sanksi telatnya pembayaran.
"Ada 3 kecamatan yang diputus pihak PT PLN UP3 Pematang Siantar, semoga ini bisa cepat selesai karena dampaknya banyak ketika lampu jalan ini tidak ada. Yang pasti tahun depan ini tidak terulang lagi,"tukas Wabup.

Sebagaimana diketahui, PT PLN UP3 Pematang Siantar melakukan pemutusan sementara LPJU di beberapa titik wilayah Batu Bara.

Pemutusan dilakukan karena Pemkab belum membayar tagihan selama 2 bulan terhitung mulai bulan Agustus sampai September 2019 dengan nominal mencapai Rp 1,1 Milyar.

Terpisah, Manajer PLN ULP Indrapura, Dedi Bram L. Tobing menerangkan, tagihan listrik LPJU Pemkab Batu Bara sebesar Rp 556 juta setiap bulannya. Sementara PLN setiap bulannya menyetorkan pajak penerangan jalan (PPJ) kepada Pemkab Batu Bara mencapai Rp.1,2 M.

"Pemutusan sementara ini dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku dan sudah melalui surat pemberitahuan. Jika nanti Pemkab Batubara sudah melakukan pembayaran, maka penyambungan dilakukan kembali," ujarnya.

Dampak dari pemadaman ini seluruh LPJU dikawasan jalan lintas menuju Indrapura, Limapuluh, Tanjung Tiram dan sekitarnya di Batu Bara menjadi gelap.

Sejumlah kalangan masyarakat Batu Bara sangat menyayangkan pemutusan sementara LPJU mengingat saat ini juga sudah mendekati hari Natal dan Tahun Baru.

Masyarakat juga mengesalkan managemen keuangan Pemkab Batu Bara yang dinilai masih amburadul meski telah ada TBUPP.

" Sepanjang sejarah Kabupaten Batu Bara, seingat saya baru kali inilah Pemkab nunggak rekening LPJU padahal setiap bulan PLN telah menyetor PPJ sebesar Rp. 1,2 M. Kemana uangnya", sebut seorang warga.

Rahmat Hidayat

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu